Tuesday, May 5, 2020

MENINGKATKAN PLAFON REJEKI 10


KITA ADALAH ROBOT* 

Kita adalah robot, yang berpikir dan bertindak berdasarkan program yang sudah ada di pikiran bawah sadar kita. Bedanya dengan robot di film, kita bisa menganalisa apa yg ada di bank data tadi. Tapi analisa kita ya tetap tidak keluar dari kerangka berpikir yang sudah ada. Kita tentu tidak bisa menganalisa sesuatu yang belum pernah dimasukkan ke pikiran Anda. 

Sebagai contoh, beberapa bulan yang lalu, sebagian dari Anda belum mengenal apa itu PENGHASILAN PASIF. Mungkin pernah selentingan mendengar dan memberi kesimpulan salah seperti "penghasilan yang diperoleh tanpa bekerja", sehingga dianggap haram karena bukan hak kita. Padahal penghasilan pasif atau residual income adalah "hasil dari apa yang kita kerjakan atau orang tua kita kerjakan dulu". Jadi itu hasil kita sendiri atau orang tua kita.

Seperti yg sering saya katakan, di 4 bidang kehidupan yaitu sex, agama, politik dan keuangan, kita dikuasai oleh pikiran bawah sadar kita. Jadi kalau mau bertengkar di salah satu dari 4 bidang tadi, ingat bahwa seandainya anda sejak kecil berada diposisi yang sama dengan lawan debat Anda itu, maka Anda juga akan berpikiran seperti dia. Tidak lebih dan tidak kurang. Kebenaran Anda adalah kebenaran dia saat ini. Hal hal yg Anda anggap salah, adalah hal hal yang dia anggap salah saat ini.

PENGENCERAN 

Seandainya saja ada tehnologi yang bisa membuat saya secara keuangan berpikir seperti Bill Gate dan secara kehidupan berpikir seperti Gus Dur. Saya mau dilakukan cangkok otak dari ke dua tokoh tadi. Sayangnya hal itu tidak mungkin. 

Satu satunya yang mungkin dilakukan adalah dengan metode pengenceran. Yaitu pengisian dengan mendengarkan orang orang dimana kita ingin menjadi. 

Kalau Anda ingin memiliki kebebasan finansial dan waktu, memiliki penghasilan pasif 100 juta sebulan, maka encerkan dengan isi pikiran orang orang yang sudah bebas finansial dan bebas waktu. Jika Anda ingin bekerja lebih keras, maka isilah pikiran Anda dengan tehnik bisnis, tehnik beternak ini itu, tehnik bertani yang baik, tehnik manajemen bisnis dan berbagai hal yang membuat Anda harus bekerja lebih keras dan memiliki tanggung jawab lebih besar.. 

Kalau dulu kita perlu merantau untuk mencari orang yang bisa mengisi dan memperkaya otak kita. Sekarang cukup dengan hadir di seminar mereka dan mendengarkan CD mereka. Yaitu seminar inspirasi dan visi seperti Leadership Seminar. Disini Anda belajar memimpin diri Anda sendiri menuju kesuksesan, dengan dipandu oleh mereka yang sudah mendapat penghasilan pasif 100 juta sebulan.

APA KATA PARA AHLI ? 

Mario Teguh pernah mengatakan :"Jangan pernah mendengarkan komentar atau pendapat orang biasa. Karena komentar dan pendapat mereka itulah yang sudah membuat mereka menjadi orang biasa. Dengarkan hanya pendapat dan komentar orang baik, supaya Anda menjadi orang yang lebih baik" 

Masalahnya, Anda sendirilah orang biasa yang paling sering memberi komentar dan pendapat kepada Anda. Berapa banyak dalam hidup ini Anda kehilangan kesempatan berubah karena terlalu mendengar pendapat Anda sendiri ? Saya sendiri sejak tahu hal ini, sering menganalisa pendapat saya. Ini asalnya dari mana ? Jika saya tidak menemukan rujukannya dari seminar, buku, CD atau mentor. Umumnya saya abaikan karena itu berarti pendapat saya sendiri yang tidak jelas dulu asalnya dari mana. 

John C Maxwell mengatakan :"Diri Anda lima tahun yang akan datang adalah diri Anda yang sekarang ditambah seminar yang Anda hadiri, buku yang Anda baca, CD yang Anda dengar dan mentor yang Anda patuhi" 

Selama belasan tahun ini saya sudah sering mengajak orang ke Leadership Seminar dan melihat perubahan yang luar biasa dari cara mereka berpikir, bertindak dan bekerja. Itu sudah mengubah kehidupan mereka dengan berbagai jalan berbeda yang mereka kerjakan.

Itu sudah membuat saya puas meskipun secara materi saya tidak mendapat keuntungan sepeserpun dari panitia seminar yaitu Network Twentyone. Saya sekeluarga sudah membeli tiket LS yang akan datang begitu LS yang sekarang dimulai. Sejak Oktober 2003 sampai sekarang. Harganya juga sama dengan yang lain. Mulai 425 ribu di LS pertama saya, sampai sekarang menjadi 600 ribu. 

Mengapa saya selalu hadir di LS ? Karena saya lebih sering bergaul dengan mereka yang tingkat sosial ekonominya jauh di bawah saya. Kalau saya tidak terus menerus berusaha berpegangan ke atas, secara pelan dan pasti plafon rejeki saya akan terseret turun lagi. 

Anda tentu tidak perlu meniru saya. Atau . . . mungkin perlu juga.

PEREGANGAN 

Kalau Anda melihat gambar diatas, yang ada di kotak berbatas putus putus itu adalah batas batas Anda menurut Anda sendiri. Mungkin Anda mengira bahwa Anda itu pantasnya ya bekerja keras setiap hari hanya untuk bisa hidup. Sudah bekerja keras seperti itupun kadang kadang masih tidak mencukupi juga. Anda nyaris tidak melihat kemungkinan lain. Anda mungkin bertani, sudah mencoba berbagai strategi selama bertahun tahun. Anda mungkin pengrajin sprei yang sdh mencoba menjual berbagai seprei, tapi hidup seperti menuntut terlalu banyak ke Anda. Anda tidak tahu lagi harus kemana ?, dan harus bagaimana ? karena merasa bahwa itulah batas batas yg Anda miliki. Semua hal sepertinya sudah Anda lakukan. 

Sebenarnya Anda salah, karena masih banyak yang belum Anda lakukan. 

Anda mungkin pernah mendengar penelitian tentang kutu anjing. Kutu ini bisa meloncat sangat tinggi seperti melenting. Kemudian beberapa kutu diletakkan di sebuah stoples kaca dengan tutup diatasnya. Si kutu meloncat, membentur penutup stoples. Begitu seterusnya, setiap kali meloncat, selalu merasa kesakitan karena terbentur. Lama lama si kutu membatasi loncatannya sehingga tidak membentur lagi. Kemudian si kutu di pindah ke stoples yang lebih pendek. Hal yang sama terjadi dan lama lama si kutu hanya melompat sampai hampir membentur tutup. Setelah beberapa hari dilatih seperti itu, maka si kutu dilepas. Bahkan ketika sudah bebaspun, dia tetap tidak bisa melompat tinggi dan hanya sebatas bbrp senti saja sesuai ketinggian stoples terakhir.

Anda sama seperti kutu itu. Anda belum mengalami melompat tinggi. Anda seumur hidup melihat kutu kutu lain melompat hanya sekian itu. Orang tua Anda bekerja sangat keras, pulang kelelahan dan penghasilannya sekian. Selama bertahun tahun Anda melihat itu dan merasa bahwa Andapun juga akan seperti itu. Kalau kutu, hanya bisa melompat sependek itu 

Di Leadership Seminar pertama saya bulan Oktober 2003, saya melihat kutu kutu lain yang bisa melompat jauh lebih tinggi dari saya. Ajaibnya, mereka tanpa harus menempuh pendidikan seperti saya itu. Cukup dengan merubah cara berpikirnya saja. 

Kesimpulannya, Andapun bisa mencapai batas batas yang jauh diatas batas Anda sekarang. Asal mau bersakit sakit mengubah cara berpikir Anda. Hanya itu caranya. Jika cara berpikir kita sudah berubah, maka tindakan tindakan juga akan berubah. Tindakan yang berubah akan mengubah kebiasaan kita, karakter kita dan dengan sendirinya pada akhirnya nasib kita.

Syaratnya kita mau diregangkan. Memang rasanya sakit karena itu berarti keluar dari zona nyaman kita. Ketika sedang tidak punya uang, Anda perlu hadir ke seminar. Semakin tidak punya uang, semakin perlu Anda hadir ke seminar yang bisa mengubah hidup itu. Sampai kapan Anda mau tidak punya uang ?. 

Semakin Anda tidak punya waktu, semakin perlu Anda hadir ke seminar itu. Mau sampai kapan Anda tidak punya waktu ? 

Tetapi jika Anda mau diregangkan, mau melakukan hal hal yang perlu dilakukan meskipun itu tidak Anda sukai, maka Anda bisa melakukan banyak hal seperti bebas finansial, bebas waktu, menyekolahkan anak ke pendidikan terbaik, beramal lebih banyak, rekreasi ke luar negeri sepuasnya, pensiun dini, mengembangkan diri dan sebagainya.

JIKA SAYA YANG SUDAH BERUMUR BISA, ANDA JUGA PASTI BISA !!!

Meningkatkan Plafon Rejeki – dr. Sigit Setyawadi, SpOG

No comments:

Post a Comment