Thursday, April 9, 2020

CARA MENINGKATKAN PLAFON REJEKI 3

PLAFON REJEKI 

Sejak kecil kita sudah mendengar ajaran bahwa "rejeki itu sudah diatur oleh Allah". Tetapi umumnya kita bertindak dan bersikap sebaliknya, meskipun itu tidak salah. Yaitu berjuang keras mati matian untuk mendapatkan uang, berusaha mendapat sebanyak mungkin rejeki, seolah olah jatah rejeki kita belum ditentukan. 

Apakah rejeki kita memang sudah diatur ? Jawabnya IYA. Tetapi yang mengatur bukan Allah langsung. Allah punya mekanisme canggih, yaitu hukum hukum alam yang diciptakan untuk mengatur semesta ciptaannya ini. Salah satu hukum alam yg mengatur rejeki kita adalah HUKUM ALAM KESESUAIAN. Rejeki kita ini sama dengan rata rata rejeki 6 orang yang paling mempengaruhi kita beberapa tahun terakhir ini. Itulah yang mengatur rejeki kita.

Ibarat termostat di setrika listrik, angka rata rata rejeki 6 orang tadi menjadi batas atas rejeki kita. Jika sudah hampir mendekati batas atas, maka dimunculkan segala hal, mulai tidak fokus sampai didatangkan pengganggu yang bisa menurunkan rejeki kita. 

Kita bisa saja berusaha setengah mati sehingga rejeki kita bisa menembus plafon atau takaran tadi. Tapi itu tidak akan lama, rejeki kita akan ditarik lagi ke bawah oleh pikiran bawah sadar kita. Satu satunya cara mudah adalah dengan menaikkan plafon rejekinya.


PLAFON REJEKI KITA 

Jika plafon rejeki kita 3 juta sebulan, maka bekerja jungkir balik bagaimanapun ya dapatnya sekian. Mungkin saja kita mendapat tawaran bisnis yang memberi penghasilan besar. Tetapi umumnya kita menolaknya. Mungkin kita mau mengerjakannya sebentar. Tetapi nggak pakai lama, kita akan diliputi keragu raguan, ketidak nyamanan dan akhirnya berhenti. Mungkin kita mengerjakan bisnis dg teman dan berhasil mendapat penghasilan besar. Nggak pakai lama, entah bagaimana caranya, akan diturunkan lagi.

Begitulah kehidupan ekonomi kita akan berjalan seperti roller coaster. Naik turun bikin mual penumpangnya, yaitu keluarga kita. 

Banyak teman di grup yang bertanya :"Bisnisnya pak dokter apa ?". Pertanyaan seperti ini jarang sy jawab karena sy tidak yakin apakah plafon rejekinya sudah cukup tinggi untuk bisa menghargai apa yg saya kerjakan ?

Jawaban saya adalah meminta beliau untuk meningkatkan plafon rejekinya dulu. Tanpa memiliki plafon rejeki yang tinggi, maka bisnis yg berpotensi membangkrutkan akan nampak menarik, sedang yang memakmurkan akan dihindari. Mereka senang dengan bisnis yang hasilnya cepat, besar dan bebas resiko. Akibatnya mereka sangat mudah ditipu karena sebenarnya bisnis yang semacam itu tidak ada.


SIAPA YANG MEMPENGARUHI ANDA ? 

Bayangkan jika Anda dikitari teman teman seperti ini. Rata rata berpenghasilan rendah. Anda akan dibuat berpenghasilan rendah supaya merasa nyaman berdekatan dengan mereka. 

Sebagian teman yg sudah mendengarkan audio hipnoterapi, akan dianggap aneh oleh lingkungannya. Mereka yg mengalami begini seharusnya waspada. Anda sudah berhasil menaikkan (sementara) plafon Anda sehingga teman teman Anda merasa aneh. Cara berbicara, berpikir dan bertindak Anda mungkin sudah berbeda dari biasanya. Tetapi jika Anda membiarkan diri Anda dipengaruhi lagi oleh mereka, ya akan turun lagi. Kecuali Anda sudah kuat, sudah melihat sendiri dan bergaul dengan orang yang penghasilannya tinggi. Anda mungkin justru bisa menjadi agen perubahan dan mengangkat plafon orang disekitar Anda. Tetapi kalau plafon tinggi Anda sendiri itu masih lemah krn baru didapat dari audio hipnoterapi dan belum punya bukti konkrit, maka akan mudah ditarik lagi ke bawah oleh bukti konkrit di sekitar Anda.

Jadi, tetaplah bergaul dg mereka, tetapi carilah lingkungan pergaulan lain yang bisa menstabilkan plafon yg sudah tinggi itu. Yaitu mereka yang sudah mendapatkan penghasilan pasif diatas 100 juta sebulan.


HAVE = BE x DO 

Ini adalah rumus yang sering dipakai untuk menggambarkan betapa pentingnya BE atau diri Anda itu. BE yaitu kapasitas diri Anda, pola pikir, ilmu, sikap dan sebagainya. 

Have, adalah apa yg Anda miliki sekarang, atau kekayaan Anda. Sedang DO adalah kerja Anda. 

Anda bisa meningkatkan kekayaan Anda dengan bekerja lebih keras. Do nya yang ditingkatkan. Jika Do nya ditingkatkan 10x lipat, maka hasil yg Anda peroleh ya 10x lipat. Tetapi apakah Anda bisa meningkatkan kerja Anda 10x atau 100x lipat ? Pasti tidak bisa.

Tetapi jika Anda fokus untuk meningkatkan Be nya yaitu kapasitas diri Anda (plafon rejeki, kecerdasan finansial dan kemampuan membangun jaringan dan sistem bisnis), maka dengan kerja yang sama, penghasilan atau havenya akan dengan mudah meningkat. Be atau kapasitas Anda bisa dinaikkan nyaris tanpa batas. 

Lie Ka Sing milyarder Hongkong, menyebutkan investasi untuk diri sendiri adalah investasi yg selalu untung dan tidak pernah rugi.

Salah satu adik saya, Maret 2004 mau saya paksa hadir di Leadership Seminar. Disana mendapat visi dan inspirasi, kemudian meningkatkan Be nya dengan membaca ratusan buku orang sukses yg kadang dibeli dengan uang susu anaknya. Tidak buruk, kemarin dia berkurban lebih dari 100 ekor sapi. Berubah dari saudara paling tidak punya menjadi saudara paling punya.

Meningkatkan Plafon Rejeki – dr. Sigit Setyawadi, SpOG

No comments:

Post a Comment