Friday, April 10, 2020

CARA MENINGKATKAN PLAFON REJEKI 4

SEMUA BERAWAL DARI PIKIRAN 

Sejak kecil saya diajari bahwa semua itu apa katanya niat. Gusti Allah tidak bisa membaca perbuatan kita, Gusti Allah membaca getaran niat yg ada di pikiran kita ketika melakukan itu. Itulah yg diajarkan ayah dan ibu saya. Dan itulah yang saya percayai. 

Tiga ribu tahun lalu, nabi Sulaeman AS mengatakan bahwa :"Manusia adalah pikirannya". 2600 tahun lalu, Buddha Gautama mengatakan bahwa pikiran adalah pelopor dari segala sesuatu, pikiran adalah pemimpin, pikiran adalah pembentuk.

Pikiran kita akan mempengaruhi tindakan tindakan kita. Tindakan yang diulang ulang akan menjadi kebiasaan kita. Kebiasaan yg terus menerus kita lakukan akan menjadi karakter kita. Dan itulah yang akan menjadi nasib kita. 

Jadi, nasib Anda saat ini, entah hidup nyaman atau tidak nyaman bukanlah takdir Anda. Nasib Anda hanyalah hasil cara berpikir Anda 5 tahun terakhir ini (yang dipengaruhi lingkungan Anda itu). Jika Anda ingin mengubah nasib Anda 5 tahun ke depan, Anda perlu merubah cara berpikir Anda. 

Saya memiliki niat mengubah nasib Anda di bidang keuangan, dengan didahului mengubah cara berpikir Anda di bidang keuangan. Itu jika Anda mau membuka pikiran Anda.


SIAPA KITA SEBENARNYA ? 


Banyak orang yang marah kalau saya katakan bahwa Anda adalah robot. Anda hanya bisa melakukan apa yg sudah diprogramkan di pikiran bawah sadar. Mereka berkelit bahwa mereka manusia yg punya kemauan sendiri, dan bisa menganalisa mana yang benar dan mana yang salah. 

Padahal itu benar sekali. Yang kita sebut kemauan dan analisa itu sebenarnya hasil pengolahan data di pikiran bawah sadar. Semua tidak bisa lepas dari data yang ada di bawah sadar yang semuanya DIISI ORANG LAIN. Karena kita dulu lahir putih bersih.

Apalagi dalam 4 bidang yaitu SEX, AGAMA, POLITIK dan KEUANGAN, maka Anda adalah robot bin robot. Karena sebagian besar data yg kita peroleh berasal dari orang tua kita. Itu pula yg akan Anda pertahankan mati matian, yaitu sesuatu yg berasal dari orang lain. Anda lahir dalam keadaan putih bersih, dan pengisian pengisian dari pihak lain telah membentuk pola pikir Anda. Kalau Anda ngotot itu berasal dari pola pikir Anda sendiri, maka Anda salah. Kesimpulan yg Anda buat berasal dari data yg dimasukkan pihak lain dan Anda anggap benar.

Di 3 bidang yang lain mungkin tidak banyak perubahan berarti. Kita merasa nyaman dengan apa yang sudah kita miliki. Tetapi tidak demikian di bidang ke 4 yaitu keuangan. Biasanya muncul keinginan untuk berubah karena kebutuhan. Sayangnya, pola pikir miskin di pikiran bawah sadar kita jauh lebih dominan dibanding pola pikir kaya yg masih ada di tataran pikiran sadar.

Sebagian besar dari kita berada dalam konflik yg tiada habisnya antara pikiran sadar yg ingin kaya dan pikiran bawah sadar yg ingin miskin (plafon rejeki rendah). Sehingga kehidupan yg naik turun secara tajam seperti roller coaster terjadi pada kita karena benturan dari dua kepentingan tadi. Pada akhirnya yg menang adalah apa yg ada di pikiran bawah sadar. KECUALI KITA MENGUBAHNYA, baik secara tidak sengaja maupun secara sengaja. 

Secara tidak sengaja jika kita merantau kemudian kebetulan masuk ke lingkungan orang kaya. Secara sengaja dengan cara mencari mentor, kemudian hadir di seminar, membaca buku dan mendengarkan CD yang direkomendasikan oleh mentor. Bukan yang kita pilih sendiri. Sebagian besar seminar, CD dan buku yang kita pilih karena senang, sebenarnya tidak membawa kita kemana mana selain memperkuat program pikiran bawah sadar kita. 

Berapa banyak dari kita yang mengalami hal itu ? Sudah ikut banyak seminar, membaca banyak buku dan mendengarkan banyak CD tetapi tetap tidak kemana mana ?

Semakin Anda tidak suka dengan apa yang direkomendasikan mentor, semakin perlu Anda melakukannya. Karena itulah yang mungkin akan mengubah jalan kehidupan Anda (Zig Ziglar).


LIFE MAP MISKIN 


Setiap orang sudah memiliki sebuah peta kehidupan atau life map di pikiran bawah sadarnya. Misalnya diwaktu kecil Anda melakukan kesalahan yg membuat marah ibu sehingga membuat ibu Anda meneriakkan "kata terlarang" seperti :"Masih kecil sudah belajar mencuri, besar nanti kamu pasti masuk penjara", dengan emosi kemarahan. Kalimat itu menembus masuk ke pikiran bawah sadar dan disimpan meskipun Anda belum mengerti apa itu penjara. Maka jalan hidup Anda sudah bisa dipastikan, yaitu masuk penjara. 

Segala jalan akan ditempuh oleh pikiran bawah sadar Anda untuk mewujudkannya. Jika toh Anda orang yang sangat baik, tetap akan ada jalan menuju kesana. Entah tersangkut korupsi, menabrak orang atau apapun. Karena itu sudah ada di peta Anda. Meskipun secara sadar Anda sudah tidak ingat lagi karena waktu kejadian itu Anda berumur 4 tahun. Waktu itu Anda mengambil mainan teman Anda karena Anda tidak punya dan belum punya nilai nilai mana yang benar dan mana yg salah.

Semua data yg Anda kumpulkan sejak lahir sampai usia 18 tahun, Akan menghasilkan sebuah peta kehidupan. Jika sekarang ini kenyataannya Anda berada di salah satu dari 2 kondisi ini, yaitu : 

1. Anda sudah bekerja keras bertahun tahun, penghasilannya segitu gitu saja. Atau
2. Anda sudah berpenghasilan besar bertahun tahun, tabungan nya segitu gitu saja.

Maka bisa dipastikan Anda memiliki life map miskin di pikiran Anda. Life map atau peta kehidupan di bidang keuangan ini dibentuk oleh plafon rejeki yang rendah dan atau kecerdasan finansial yang rendah. 

Kadangkalanya Anda berusaha keras dengan mengikuti banyak seminar teknis untuk bisa menghasilkan uang. Dimana seminar seminar itu Anda pilih sendiri. Kemudian Anda mengerjakan bisnis yg Anda memiliki passion disana. Sesuai anjuran banyak motivator kuadran kiri. Maka Anda tidak sedang mengubah apa apa. Anda hanya akan pindah dari kondisi 1 ke kondisi 2. 

Kalau Anda mengalami itu, coba lihat lagi, buku buku apa yg banyak Anda simpan. Pasti sejenis beternak lele, manajemen UKM, beternak belut, tehnik bertani hidroponik, cara memiliki rumah tanpa mengeluarkan uang. Atau buku teknis profesi Anda. 

Apapun yg ANDA SUKAI, apapun yg Anda memiliki semangat mengerjakan karena senang. Itu adalah sesuatu yang sudah ada di pikiran bawah sadar Anda, sudah menjadi bagian dari peta kehidupan Anda, dan sudah ikut berperan membawa Anda ketempat yg sekarang ini. Jika Anda mengerjakan itu (hal hal yang disukai), maka Anda ibaratnya sedang berjalan di tempat tes sepeda motor yang seperti angka 8 itu. Kadang ke kiri, kadang ke kanan, meliuk liuk tapi sebenarnya tidak sedang kemana mana.

Itulah yang sering terjadi pada kebanyakan orang.


TERBENTUKNYA LIFE MAP 

Sejak bayi Anda sudah dijejali dengan informasi salah masalah keuangan. Pandangan Anda tentang keuangan tergantung lingkungan Anda. Jika Anda lahir di lingkungan miskin, maka pola pikir miskinlah yg masuk ke pikiran Anda sejak lahir. Khususnya mulai usia 0 sampai 7 tahun yang masuk tanpa saringan. Jika pada waktu itu Anda melihat orang tua Anda bertengkar dan menyebut nyebut uang, maka Anda akan mengira bahwa uanglah yang menyebabkan pertengkaran itu. Padahal mereka bertengkar bukan karena uang, tetapi karena tidak punya uang. Ayah Anda bertengkar dengan kakaknya soal warisan, Anda akan mengira uang penyebabnya. Padahal mereka bertengkar karena sama sama tidak punya uang. Mereka membutuhkan warisan itu. Begitu juga setiap kejadian yg negatif akan Anda hubungkan dengan uang karena itulah yang diteriakkan orang.

Suatu saat Anda diajak ibu Anda cari pinjaman dan ditolak. Ibu Anda ngomel ngomel :”Orang kaya pelit sekali, padahal uang tidak dibawa mati”. Mauk lagi hal negatif tentang uang dan kaya. 

Usia 7 - 13 tahun mulai ada penyaring, yaitu pendapat pendapat yg masuk dan sdh diberi kesimpulan yg salah tadi. Pikiran bawah sadar atau life map terbentuk sempurna di usia 18 tahun. Sejak usia 18 tahun life map Anda sudah jadi, Anda tinggal mengikutinya, kecuali Anda sengaja atau tidak sengaja mengubah life map nya.

Pikiran tentang uang dan kekayaan yg kita peroleh dari lingkungan itu umumnya begini : 
1. Uang penyebab semua masalah. Jadi untuk apa punya uang banyak ?, semakin banyak akan semakin bermasalah. 
2. Uang tidak dibawa mati. Jadi untuk apa punya uang banyak ? 
3. Perlu kerja keras untuk bisa kaya. Daripada sakit karena kerja keras ya lebih baik tidak kaya. 
4. Orang kaya itu memanfaatkan orang miskin. Jangan jadi orang kaya karena banyak dosa. - dsb dsb.

Dengan pola pikir bawah sadar seperti itu kemudian Anda ingin jadi orang kaya dan banyak uang ?? Itu suatu hil yang mustahal kata Asmuni. Pola pikir itulah yg kemudian disebut mental block bidang keuangan. 

Apakah mental block itu sesuatu yg buruk ? Sudah tentu tidak. Itu baik baik saja dan menjaga Anda tetap dalam keseimbangan. Sampai Anda tahu bahwa diluar sana, ada kehidupan yg jauh lebih baik dibanding kehidupan Anda saat itu. Tetangga Anda bisa hidup nyaman setelah buka bisnis ini itu. Anda ingin menirunya. Barulah mental block itu menjadi masalah buat Anda. Ketika Anda berusaha menjadi kaya dengan membangun bisnis ini bisnis itu, mental block Anda akan mendatangkan orang untuk menipu Anda dan membangkrutkan Anda. Ketika Anda mulai ingin kaya dengan cara berinvestasi di ternak, mental block Anda akan memanggil pencuri, memanggil penipu, memanggil penyakit. Apapun bisa dia panggil untuk membantu menggagalkan Anda. Dia bekerja 24 jam sehari. Dia tidak tidur ketika Anda tidur. Itulah yg disebut MGO atau Mekanisme Gagal Otomatis (MGO).

Tetapi kalau Anda bisa menghilangkan mental block itu, maka pikiran bawah sadar Anda akan berubah menjadi MSO atau Mekanisme Sukses Otomatis (MSO). Akan ada semacam kebetulan kebetulan yang bisa membuat Anda dengan mudah mencapai apa yang diinginkan.


TINGKATKAN PLAFON REJEKI ANDA 

Di depan sudah saya katakan jika Anda bisa meningkatkan plafon rejeki Anda, maka rejeki Anda akan meningkat dan itu permanen. Kecuali plafon rejeki Anda turun lagi karena berbagai sebab. 

Secara normal, menurut seorang pakar pikiran bawah sadar, kita hanya bisa menaikkan plafon maksimal 30% setahun. Lebih dari itu bawah sadar kita akan menolaknya. Itu kalau Anda meningkatkannya sendiri. Tetapi jika Anda dibantu orang yg punya otorita kepada Anda, maka plafon Anda bisa dinaikkan sebesar berapapun. Dengan catatan selama Anda mengakui otorita dari pihak yg membantu itu. Otorita adalah pengaruh ke Anda. 

Sebagian dari Anda mungkin sudah mendengar cerita melumasi pompa sepeda. Peristiwa yang terjadi ketika saya kelas 5 SD itu telah membuat saya terus melumasi bagian dalam dari sebuah kelep pompa. Meskipun logika saya kemudian menuntun saya melakukan hal yg benar yaitu mengoles oleskan sisa stempet ke bagian luar kelep. Tempat yg seharusnya dilumasi. Setelah ayah saya meninggal tahu 1989, barulah saya bisa sepenuhnya melakukan hal yg benar, yaitu mengolesi bagian luar kelep yang bergesekan dengan bagian dalam tabung pompa. 
Saat ini saya membuatkan Anda dua buah audio hipnoterapi yang berisi impian penghasilan pasif 100 juta sebulan. Anda yg sekarang belum berpenghasilan sekian, akan bisa memasukkan itu ke pikiran bawah sadar Anda. Itu akan bertahan sepanjang Anda mengakui otorita saya atau sampai Anda mengalaminya sendiri.

Dari penghasilan Anda yg sekarang ke 100 juta penghasilan pasif, mungkin merupakan lompatan yang sangat besar dan nyaris tidak masuk akal. Maka walaupun rasanya tidak enak karena ini menyangkut diri saya, Anda perlu menganggap saya punya otorita ke Anda. Ini demi kepentingan Anda, karena bawah sadar Anda itu cara berpikirnya seperti anak usia 7 tahun. Sangat lugu dan apa adanya. Jika dia menganggap boss nya (pikiran sadar Anda) meremehkan saya, maka dia juga tidak akan mendengarkan saya. Yang rugi tentu Anda sendiri. Sudah meluangkan waktu capek capek mendengarkan audio, dampaknya tidak terlalu signifikan.

Meningkatkan Plafon Rejeki – dr. Sigit Setyawadi, SpOG

No comments:

Post a Comment